Contoh Silabus Blended Learning

Blended Learning secara sederhana adalah pembelajaran yang mengkombinasikan antara tatap muka dengan online. Dalam konteks perkuliahan adalah kombinasi antara kuliah tatap muka dengan online learning. Bagaimana blended learning terjadi? sebenarnya, apakah seorang dosen menerapkan blended leanring atau tidak dapat dilihat dari silabusnya.

Penerapan blended learning menurut saya tidak terjadi begitu saja. Tapi, kita harus mempertimbangkan karakteristik tujuan pembelajaran yang ingin kita capai, aktifitas pembelajaran yang relevan serta memilih dan menentukan aktifitas mana yang relevan dengan konvensional dan aktifitas mana yang relevan untuk online learning.

Berikut adalah pengalaman saya dalam menerapkan blended learning. Secara umum, 1 SKS adalah 3 jam perkuliahan dalam satu minggu. Itupun terdiri dari sekian menit (60′) untuk tatap muka, 50′ untuk tugas terstruktur dan 50′ untuk tugas mandiri, kalao gak salah begitu. Nah mengacu pada sistem SKS tersebut, maka porsi blended learning kita tujukan untuk tugas terstruktur dan mandiri. Tidak hanya itu, kita juga harus memilah dan memilih tujuan pembelajaran dan aktifitas perkuliahan seperti apa saja yang relevan dilakukan melalui online learning. Dengan demikian, kuliah tatap muka (60′) dalam seminggu itu bisa lebih difokuskan untuk pendalaman materi yang lebih bersifat, diskusi mendalam, studi kasus dan problem solving, hal-hal lain dilakukan secara online.

Sebaiknya saya tidak berteori banyak disini. Mungkin alangkah baiknya saya berikan saja contoh silabus blended learning yang digunakan untuk salah satu mata kuliah yang saya ampu. Mudah-mudahan pembaca dapat memberikan input, kritik dan saran. Karena, terus terang saya sedang menggali dan mencoba mencari model yang tepat untuk blended learning ini. Silakan lihat silabus saya dengan cara mendonlot file berikut:SILABUS Organisasi Belajar – blended learning version


Share/Bookmark this!

2 Comments

  • RENurse says:
    05/11/2010

    inrmatif skali, saya jd terinapirasi dg blended…

  • Tuty Prasetya says:
    02/01/2011

    mohon kami di ajari silabus blended learning
    thanks,
    tuty

Add comment